Monday, 23 September 2013

AFAID 2013: Overview of the happiness


Iya, itu printscreen dari situs resminya AFA Indonesia. Anime Festival Asia Indonesia 2013 (yang nantinya bakal disingkat jadi AFAID 2013 biar kagak pegel ngetik panjang-panjang) tahun ini akhirnya berhasil gue datangi, setelah tahun lalu harus ngisep jempol karena nggak bisa. Waktu itu masih SMA kelas XII... Belum jadi mahasiswa rantau yang bisa kabur ke mana saja tanpa ketahuan orang tua. *dilempar karung beras*

Acara ini digelar selama tiga hari dan gue berencana datang tiga-tiganya. Nggak apa-apalah badan remuk di Senin pagi yang penting hati hepi, demikian prinsip gue. And as it turns out eventually, those three days were arguably the best weekend I've ever had this year.

Day One.

Jumat pagi. Meski terus terang gue berencana dateng sejak pagi, tapi ternyata takdir memutuskan hal lain. Tiba-tiba saja gue dituntut untuk ngurus sesuatu di kantor kedutaan Cina lebih dulu dan mungkin baru kelar sekitar jam empat sore. Udah capek lah. Sempat agak bete juga. You know, the annoyance coming from fear of missing out something. Tapi kemudian di linimasa Twitter banyak kicauan orang-orang yang bilang kalau antrean penukaran voucher tiket AFAID yang dibeli online macet total selama berjam-jam. BERJAM-JAM. Katanya lagi, yang dibela-belain dateng jam tujuh pagi baru bisa masuk sekitar jam sebelas. Sementara pada saat itu gue justru lagi ngadem di kantor kedutaan Cina nunggu berkas-berkas kelar diurus.

...apakah ini pertolongan Tuhan?

Jam lima sore saya akhirnya berhasil menginjakkan kaki di lokasi. Wuidih... loket penukaran tiket yang tadi dibilang berjubel udah lengang banget! Dengan santai gue ngambil tiket VIP yang udah dibeli sejak periode early bird bulan Juli lalu. Hah? VIP? Betul sekali. Gembel ini membelikan tiket termahal untuk dirinya, saudara-saudara.

Ini buktinya kalau nggak percaya.

Pertama kalinya gue dengan sangat bahagia nguras tabungan :')

Gimana? Ingin tanya alasan kenapa beli tiket VIP? Ya karena di antara artis-artis yang dateng buat nyanyi di Anisong Concert yang digelar malam harinya ada..


It's Kalafina, guys.

There's no way it's any other than it. Sony Walkman gue bisa dibilang 85% dipenuhi lagu-lagu karyanya Kajiura Yuki, komposer yang juga jadi produsernya Kalafina. Sempat juga mengucap sejuta sumpah serapah saat pertama kali tahu kalau AFAID tahun ini ngundang Kalafina―yang seketika membulatkan niat bongkar celengan supaya bisa nonton dengan fasilitas termaksimal. Namun rupanya AFAID 2013 masih menyimpan kejutan-kejutan lain untuk gue. Misalnya, acara ini membuat gue bisa ketemu temen-temen jaman SMA tanpa diduga. Makhluk-makhluk yang harusnya ada di Jokja tiba-tiba nongol di Jakarta. Di dalam Jakarta Convention Center, sama-sama menghadiri AFAID. Mereka lebih niat dari gue, asli.

 Rombongan musafir

Sampai salah satu temen saya ketiduran di dalem stage area. Lol.

Meski dateng supertelat di hari pertama (tapi tentu saja nggak melewatkan konser Anisong), gue nggak terlalu kecewa karena gelaran acara pagi hari yang gue incer ada di hari kedua dan ketiga. Apakah itu?

Movie screening
Puella Magi Madoka Magica

Puella Magi Madoka Magica (The Movie): Hajimari no Monogatari

Puella Magi Madoka Magica (The Movie): Eien no Monogatari

Bagi yang belum pernah nonton anime ini.. TOLONG KALIAN NONTONLAH.. karena Madoka Magica adalah penghancur segala pakem magical girls anime yang pernah ada. It shows that being magical girls who have power, cute costumes, and all has its disadvantage. Berhubung jika dilanjutkan maka gue nggak akan berhenti nyerocos sebelum berbusa-busa, maka lebih baik kita lanjut lagi saja.

Day Three.

Minggu. Acara-acara yang diselenggarakan di stage area menurut gue sih keren abis. Ada cosplay team contest yang memuat segala kategori cosplay, dari yang cosplay-nya kece sampai kece banget, bahkan mendobrak pakem alias anti mainstream. Misalnya: cosplay jadi kyojin, alias titan, yang ada di serial komik dan anime "Shingeki no Kyojin". Bayangin aja pakai baju ketat sebadan-badan seharian, botak, dengan tampang full makeup. Saya tepuk tangan sambil koprol deh kalau besoknya nggak langsung jerawatan.

Kemudian ada juga serial lokal yang kebetulan sedang ramai:

BIMA SATRIA GARUDA!!

Orang dibalik kostum itu Christian Loho asli, pemeran Bima di serial televisinya. Bukan buaian, bukan penipuan, bukan imitasi. Jadi ceritanya sang pencetus BSG, Reino Barack, muncul gitu di panggung beserta beberapa pemeran utama BSG (minus Stella Cornelia JKT48 garagara harus tampil di Pajama Drive Revival Show). Hal pertama yang terbersit di kepala saya ketika Chris Loho membuka helm/topeng adalah, "Elah.. mantan finalis L-Men of the Year emang ganteng ya."


Dua buah foto di atas disponsori oleh teman saya, sebut saja B, karena saya nggak modal kamera memadai. Berkat HP kamu, kostum Bima yang mentereng jadi terlihat tetap mentereng. Terima kasih, B. *sungkem*

Sehabis Bima Satria Garuda turun panggung, naiklah...


T. M. Revolution

Hadir di atas panggung AFAID 2013 hanya dengan pakai celana superpendek. Sumpah gue gagal paham sama ini orang. Selera fesyennya si Nishikawa Takanori kenapa sih?? Allahu akbar. Pusing. Selama beberapa menit, T. M. Revolution berbincang-bincang dengan MC dan Danny Choo mengenai sejumlah hal. Salah satunya yaa.. promosi single terbaru T. M. Revolution berjudul "Preserved Roses" dan memberitahu adanya sesi pemberian tanda tangan.

Mulai dari sini, gue akan masukkan beberapa foto-foto dekorasi yang ada di area exhibition yang berhasil dijepret. Kenapa cuma beberapa? Kenapa nggak banyak? KARENA RAME BANGET ANJRIT. Buat jalan aja susah. Apalagi pas hari kedua, aduuuh... lautan manusia. Untung sejumlah wota-wota jeketi tampaknya banyak yang milih ngedatengin Pajama Drive Revival Show jadi meski sudah seramai ini, AFAID tidak overload-overload amat. Nggak bau, pun.


Foto di atas itu satu sisi tembok yang full ditempel wallpaper Puella Magi Madoka Magica. Sayangnya ngeblur karena gue ditubruk orang ketika mencet tombol shutter dan nggak ada kesempatan kedua buat dapet momen di mana nggak ada siapa pun lewat di depan tembok tersebut.

KAPAN LAGI LIAT MADOKA FOTO DI MONAS?? 8"))))


Shingeki no Kyojinatau Attack on Titan. Anime dengan fandom paling gila tahun ini.

Booth official merchandise AFAID 2013.

Gue juga menemukan dekor paling ganteng di sekujur area AFAID. Sampai pengin nyabut dan gotong pulang ke kos, dijadiin semacem wallpaper. Tapi demi masa depan temen-temen SMA gue yang jalan-jalan bareng, supaya mereka tidak dicurigai bersekongkol dengan gue yang mungkin jadi buronan panitia, hasrat liar itu terpaksa diredam.

Sungguh memesona

Tentu saja anime festival nggak afdol kalau tanpa banjir action figures. AFAID 2013 is practically a heaven packed full with bunch of action figures, especially limited edition ones. Dari segitu banyak action figures yang dipajang, ada dua yang menarik perhatian gue sampai ke tahap berhenti lama di depan display-nya, menatap nanar sambil meratap aduh-mak-gue-ngeces-ngeces-gimana-dong-ini-tapi-nggak-punya-duit-buat-beli yang memprihatinkan. I'll show you.

"Ultimate Madoka", masih dari serial Puella Magi Madoka Magica

"Saber Lily" dari Fate/Stay Night & Fate/Zero

Harganya udah level jutaan, Jenderal! NGGAK KEBELIIII!!! *nangis darah*

z. d. imama

*P.S.: sehubungan dengan kisah AFAID 2013 yang gue bagi menjadi tiga (supaya fokus dan terus terang gue nggak punya bahan lain), silakan baca lanjutannya―bagian kedua―di halaman ini dan penutupnya di sini! Oke? Oke. Sip? Sip. GO!

3 comments:

Have you left me any comments? No? Why? Do not hesitate to write down your feedback so I can visit your blog in return!